FOOD WASTE - akbarartikel-akbar

FOOD WASTE

By Akbar Prastiko - Desember 30, 2018

FOOD WASTE



Berdasarkan laporan Tahun 2016 dari The Economist Intelligence Unit, Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara pembuang makanan di dunia, di bawah Saudi Arabia. Penyumbang food waste di Indonesia termasuk hotel, katering, restoran, supermarket, gerai ritel, dan rumah tangga.
Menurut laporan tersebut, setiap orang di Indonesia membuang 300 kg makanan setiap tahunnya. Padahal makanan dg jumlah tersebut dapat memberi makan hampir seluruh penduduk miskin di Indonesia.

FOOD WASTE
Masalah food waste bukan sekedar soal kesenjangan antara yg lapar dan yang kenyang. 1,3 Milyar Ton limbah makanan di dunia setara dengan 3,3 Giga Ton CO2. Gas ini merupakan penyebab utama pemanasan global yang berimbas pada kenaikan suhu bumi. Dampaknya dapat berupa musim kering yang memanjang, kenaikan permukaan air laut yang bisa berakibat banjir, sehingga dapat berimbas pada panen dan ketersediaan pangan global.

Ada 1,3 Milyar Ton makanan terbuang. MULAILAH dari DIRI SENDIRI, mulai dari PIRING ANDA!!! HANYA karna alasan DIET, TAKUT GEMUK,,makanan DIBUANG!! Jika sekiranya tidak mampu menghabiskan, ambil secukupnya.

Cara Mengurangi Food Waste
1. Kendalikan Diri : Pastikan makanan yg ditaruh dlm piring pasti bs dihabiskan. Jika ingin mencoba banyak jenis makanan,sebaiknya ambil tiap jenis dlm jumlah sedikit, agar tidak ada yg terbuang.
2. Rencanakan Daftar Belanja : Untuk menghindari bahan makanan busuk/kehilangan kesegarannya karena disimpan terlalu lama, rencanakanlah belanja mingguan. Ada baiknya juga memeriksa bahan makanan yg masih tersedia, untuk menghindari ada bahan makanan yg terlupakan sampai lewat masa kadaluarsanya.
3. Simpan Sisa Makanan : Menyimpan sisa makanan di kulkas dapat menjadi solusi. Di kemudian hari, anda dapat mengolahnya kembali untuk dapat dihabiskan. Beberapa sayuran seperti kulit kentang/batang brokoli juga masih bs dimanfaatkan untuk kaldu sayuran. Kepala udang pun masih dpt disulap menjadi kaldu yg menambah nikmat masakan. Bahkan dg sedikit usaha, sampah dapur organik dpt diubah menjadi pupuk kompos bahkan pakan ikan.

Mengutip slogan gerakan anti-food waste dari FAO, mari kita "Do Good, Save Food" yaitu berbuat baiklah dengan tidak membuang makanan. Mulai dari Diri Sendiri, mulai dari Piring Anda.

Sumber : Majalan ONTRACK/vol.8/Desember 2018

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...