Pengalaman Perpanjangan SIM di Blok M Square - akbarartikel-akbar

Pengalaman Perpanjangan SIM di Blok M Square

By Akbar Prastiko - Oktober 11, 2022

 Assalamu'alaikum temen-temen semua

Pengalaman Perpanjangan SIM di Blok M Square
SIM

Kali ini saya akan berbagi pengalaman melakukan perpanjangan SIM di Blok M Square Jakarta Selatan. Ini merupakan pengalaman saya melakukan perpanjangan SIM di Jakarta secara langsung datang di cabang gerainya, karena biasanya saya melakukan perpanjangan SIM melalui mobil SIM keliling atau ke Kantor Pengurusan SIM di Surabaya dekat tempat tinggal saya. Sebelumnya saya juga pernah mencoba melakukan perpanjangan SIM melalui aplikasi Digital Korlantas, namun karena proses yang cukup berbelit dan proses error aplikasi waktu itu (tidak tersedianya no rekening untuk transfer pengiriman SIM) sehingga membuat saya kecewa. Mungkin waktu itu karena aplikasi masih baru launching sehingga masih banyak hal yang perlu ditingkatkan dan dilengkapi lagi fiturnya. Untung saja waktu itu hasil tes Kesehatan yang prosesnya pendaftarannya melalui Aplikasi masih diakui untuk proses secara manual di Kantor Pengurusan SIM, meskipun Psikotes ditolak meskipun sudah lulus secara aplikasi dan melunasinya. AlhamduliLlah ada pegawai kepolisian yang waktu itu dengan baik hati menolong saya melakukan percepatan pengurusan perpanjangan SIM, karena kemungkinan karena saya sudah proses melalui online juga meskipun di sisi lain saya juga dirugikan.

Kembali ke Perpanjangan SIM di Blok M Square gess. Lokasi Gerai Perpanjangan SIM ada di Lantai 3 Blok M Square. Sebelumnya pernah di lantai dasar Blok M Square, namun mungkin karena tempat menampung yang kurang memadai sehingga dipindah ke Lantai 3. Jam buka Gerai Perpanjangan SIM Blok M ini buka pada hari Senin s.d Jumat mulai pukul 09.00 - 14.00 WIB dan hari Sabtu mulai 09.00 - 12.00 WIB.

Pengalaman Perpanjangan SIM di Blok M Square
Mengemudi

Pertama datang di Blok M, saya masuk melewati pintu timur sebelah jalan keluar terminal bus Blok M. Dari situ saya berjalan menuju Blok M Square dan mencari pintu masuk karena masih banyak yang tutup karena masih pukul 09.00 WIB. Akhirnya saya bertanya dengan petugas kebersihan dan ditunjukkan arah untuk ke Gerai Perpanjangan SIM yaitu melewati pintu parkir bawah. Setelah melewati pintu parkir sayapun bertanya lagi karena khawatir salah arah, ternyata sudah sesuai petunjuk. Di tempat parkiran bawah bercampur dengan tempat menurunkan barang pedagang, sehingga awalnya membuat saya ragu. Namun ternyata terdapat lift juga di sana yang bisa membawa saya menuju lantai 3. 

Setelah naik lift dan turun di lantai 3, selanjutnya saya coba mencari lokasi Gerainya dan ternyata tidak jauh dari lift. Sampai di Gerai, saya langsung menuju bagian pelayanan untuk mengajukan permohonan perpanjangan SIM. Setelah itu, petugas memberikan saya formulir untuk diisi dan diminta untuk fotocopy 2 lembar KTP dan SIM lama saya. Di sana juga terdapat toko yang menyediakan jasa fotocopy yang tempatnya tidak jauh dari Gerai. 

Pengalaman Perpanjangan SIM di Blok M Square
Gerai Perpanjangan SIM

Pengalaman Perpanjangan SIM di Blok M Square
Pengisian Formulir SIM

Setelah mengisi form selanjutnya saya diarahkan ke loket tempat mengikuti ujian psikotes yang ada di sebelahnya Gerai. Saya harus registrasi dulu secara online dengan melakukan scanning barcode yang terpampang di depan loket, setelah itu baru saya berikan berkas saya tadi untuk antri mengikuti psikotest.

Setelah menunggu beberapa saat, saya diberikan buku soal dan lembar jawaban untuk diisi. Soalnya sangat mudah gess, sehingga tidak perlu berfikir keras dalam menjawab, hanya seputar kepribadian saja. Setelah selesai psikotest, selanjutnya saya mengumpulkan jawaban dan membayar biaya psikotest yang menurut saya pribadi agak mahal.

Pengalaman Perpanjangan SIM di Blok M SquarePengalaman Perpanjangan SIM di Blok M Square

Setelah itu saya kembali ke Gerai pertama untuk mengumpulkan berkas yang sudah lengkap dari hasil psikotes tadi dan menunggu nama saya dipanggil. Setelah beberapa saat nama saya dipanggil dan diminta masuk ke dalam Gerai untuk mengikuti foto SIM yang baru. 

Pengalaman Perpanjangan SIM di Blok M Square
Proses Foto SIM

Selesai foto, selanjutnya diminta menunggu hingga SIM jadi. Sekitar 15 Menit menunggu dan akhirnya nama saya kembali dipanggil dan saya langsung menuju Gerai untuk mengambil SIM dan membayar biaya perpanjangan SIM. Pastikan temen-temen mendapatkan asuransi ya, karena kemarin saya lupa cek dan ternyata tidak mendapatkan kartu asuransi dari pihak Gerai Perpanjangan SIM.

Sekian cerita pengalaman saya ketika melakukan perpanjangan SIM di Blok M Jakarta Selatan, semoga bermanfaat dan sehat selalu semuanya. 😊


Wassalamu'alaikum warrohmatuLlahi wabarokatuh.


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...