Bayar Pajak Lebih Mudah Lewat Indomaret - akbarartikel-akbar

Bayar Pajak Lebih Mudah Lewat Indomaret

By Akbar Prastiko - Oktober 03, 2020

Bayar Pajak Lebih Mudah Lewat Indomaret
Layanan Pajak

Assalamu'alaikum wr wb. Kali ini saya akan berbagi pengalaman membayar Pajak Kendaraan saya. Pajak merupakan hal wajib yang harus dibayar warga negara setiap tahun khususnya di Indonesia. Seringkali kita dibuat lupa dengan hal yang satu ini, mungkin karena banyak fikiran duniawi semacam beban kerja, urusan keluarga, hutang piutang dll. Bahkan terkadang ketika kita ingin membayar pajakpun juga masih dipusingkan dengan prosedur atau mungkin antrian yang cukup panjang sehingga membuat kita stress dan menambah beban hidup kita. Pengalaman saya sebelumnya waktu pembayaran pajak sempat dipusingkan dengan urusan mutasi STNK Kendaraan saya karena kebetulan alamat tempat tinggal di KTP saya berubah, hal ini yang membuat saya mencoba mencari alternatif lain yang lebih mudah dalam menunaikan kewajiban saya sebagai warga negara yang baik yaitu membayar pajak. Setidaknya lebih membantu sampai 4 tahun kedepan sebelum ganti Plat Nomor Kendaraan.

AlhamduliLlah akhirnya saya memperoleh informasi dari isteri saya bahwa bisa melakukan pembayaran Pajak melalui mesin Pembayaran di Indomaret. Akhirnya saya coba mendatangi Indomaret terdekat yang kebetulan tersedia mesin Pembayaran tersebut. Hal pertama yang saya lakukan adalah mendatangi kasir Indomaret untuk minta tolong diajari menggunakan mesin tersebut, maklum masih pemula. Selanjutnya saya dihadapkan di layar mesin Pembayaran tersebut dengan didampingi operator dari Indomaret, kemudian diarahkan ke menu pembayaran pajak. Sebenarnya tidak hanya Pajak Kendaraan saja yang bisa dibayarkan melalui mesin ini, namun bisa juga Pembayaran Listrik, Telepon dll. 

Setelah masuk menu Pembayaran Pajak Kendaraan, muncul form pengisian tentang data Pemilik Kendaraan dan Data Kendaraannya seperti berikut:

Mesin Bayar Pajak Indomaret
Mesin Bayar Pajak Indomaret
Kemudian saya coba isi data tersebut dan klik menu Selanjutnya dan muncul tampilan seperti berikut:

Mesin Bayar Pajak Indomaret

Di situ tertera nominal jumlah yang harus dibayarkan dan data yang sudah kita isi sebelumnya untuk diperiksa kembali. Setelah dirasa sesuai maka saya lanjutkan dengan klik menu Selanjutnya, kemudian mesin Pembayaran mengeluarkan struk bukti Permohonan Pembayaran yang harus kita proses di Kasir Indomaret dan begitu selesai langsung memperoleh sms notifikasi berupa Link download untuk mengunduh file STNK yang sudah include bukti pembayaran Pajaknya. Prosesnya sangat mudah dan cepat, tidak sampai 3 menit. Hal ini tentunya sangat cepat dibandingkan harus mengantri di SAMSAT atau mungkin dipersulit dengan prosedur lain yang saya ceritakan di atas.

Demikian cerita singkat saya tentang salah satu cara melakukan pembayaran Pajak melalui mesin Pembayaran di Indomaret. Sebenarnya masih ada cara lain yang sama mudahnya dalam melakukan Pembayaran Pajak seperti melalui E-Samsat dll. Semoga bermanfaat dan selalu berbagi manfaat kepada sesama. 

Wassalamu'alaikum wr wb.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...