Pengalaman Lain, Kerja di PT Infomedia Nusantara-Ikut Kompetisi ICCA - akbarartikel-akbar

Pengalaman Lain, Kerja di PT Infomedia Nusantara-Ikut Kompetisi ICCA

By Akbar Prastiko - Oktober 10, 2020

Assalamu'alaikum wr wb teman-teman pembaca sekalian, kali ini saya akan berbagi pengalaman lagi ketika kerja di PT Infomedia Nusantara. Sebelumnya saya sudah pernah berbagi pengalaman saya di artikel Pengalaman Kerja Di PT Infomedia Nusantara, namun untuk artikel kali ini bersumber dari teman kerja saya dulu di Infomedia (sebut saja Nesa>>isteri saya sekarang  hehehehe😆). Awal bergabung Maret 2012 di bagian 147 POTS. Empat bulan setelah bergabung di Infomedia Nesa menjadi salah satu dari tiga perwakilan 147 untuk menghadiri undangan HUT Infomedia, alhamduliLlah di suatu sesi pengundian hadiah mendapatkan hadiah 1 unit kulkas yang tidak disangka-sangka 😁 dan itu merupakan salah satu momen paling membahagiakan Nesa sebagai agent baru di Infomedia.

Pengalaman Lain, Kerja di PT Infomedia Nusantara-Ikut Kompetisi ICCA
https://www.infomedia.co.id/

Jobdesk kita sama yaitu melakukan pelayanan bantuan (customer service) jaringan internet pelanggan melalui telepon atau Call Center layanan 147. Memang dalam layanan ini tidak hanya ada layanan Call Center tentang internet/produk Telkom group, namun juga ada pelayanan telpon rumah (POTS), Indihome, Flexi, Layanan Bank BNI, Layanan 108 (info nomor telpon) dan di dalamnya juga termasuk layanan sales/marketing. Kebetulan kami ditempatkan di bagian yang sama yaitu Internet Speedy yaitu pelayanan gangguan internet Speedy pelanggan dengan melakukan panduan perbaikan melalui telpon dan pembuatan tiket gangguan agar dibantu penanganan lebih lanjut oleh Teknisi Lapangan. Keseharian kami memiliki aktivitas yang sama namun yang berbeda adalah kegiatan tambahan lain selama kerja, dimana saya lebih fokus pada sistem pengaturan jadwal masuk kerja saya untuk menyesuaikan jadwal kuliah saya, di sisi lain Nesa lebih fokus untuk mencoba berkarir di Infomedia. Nesa sangat ingin berkarir di perusahaan ini karena selain wanita karir adalah salah satu cita-citanya di masa kecil, namun sebanding dengan pedapatan gaji yang diperoleh juga. Apalagi untuk penempatan kerjanya kini tidak jauh dari rumah dan masih di Infomedia Nusantara Surabaya (saat ini sudah pindah ke kota Malang), sehingga Nesa begitu berambisi untuk berkarir sambil di sisi lain mencoba mencari pekerjaan yang memberikan benefit lebih.

Dalam pekerjaan ini setiap bulan akan diberikan rapor/penilaian kinerja pegawai dan diterbitkan ranking karyawan dengan kinerja terbaik dan AlhamduliLlah Nesa selalu berada dalam urutan teratas daftar tersebut, dengan artian termasuk pegawai dengan kinerja terbaik. Suatu ketika Nesa dipanggil oleh SPV dan didaftarkan untuk ikut kompetisi Indonesia Contact Center Association (ICCA) yaitu kompetisi yang dilakukan untuk mengukur kualitas Pelayanan Contact Center suatu Perusahaan. Kompetisi diadakan di Jakarta dan diikuti berbagai Layanan Call Center Perusahaan member ICCA. 

Sebelum berangkat ke Jakarta Nesa dan teman-temen Infomedia group yang terdaftar kompetisi diberi briefing dan training tentang Pelayanan dan Kompetisi tersebut selama seminggu di Bogor. Akomodasi 100% ditanggung oleh Telkom selama training tersebut. Setelah seselai training di Bogor, Nesa kembali ke Surabaya untuk mempersiapkan kostum yang akan digunakan ketika kompetisi ICCA di Jakarta. Masing-masing peserta kompetisi ICCA diberikan uang saku yang nominalnya sama dengan harga Notebook standar dan akomodasi selama kompetisi ICCA juga 100% diakomodasi oleh Telkom. Peserta kompetisi diberi waktu 2 hari untuk mempersiapkan diri dan kebutuhan sebelum berangkat ke Jakarta, kebetulan uang saku tersebut akhirnya dibelikan Notebook karena kebtulan Laptop waktu kuliah telah hilang (sama denga  kejadian yang saya alami ketika kuliah 😂). Keberangkatan menggunakan Kereta Eksekutif Argo Bromo Anggrek dari stasiun Pasar Turi menuju stasiun Gambir-Jakarta. 

Sesampainya di Stasiun Gambir-Jakarta langsung diarahkan langsung menuju Fave Hotel Jakarta Selatan dengan dijemput Shuttle Bus. Sesampaianya di Fave Hotel, di situ benar-benar dilayani dengan sangat baik. Keesokan harinya adalah hari-H dan waktunya menuju kompetisi ICCA di Balai Kartini. Sampai di lokasi Nesa terkejut melihat perusahaan-perusahaan yang ikut bergabung dalam kompetisi tersebut, karena selain layanan call center perusahaan dalam negeri namun juga diikuti oleh layanan call center luar negeri yang perusahaannya belum belum tentu berkantor di Indonesia. Kompetisi sudah terjadwal dan telah ditentukan hari pelaksanaan masing-masing perwakilan. 

Pengalaman Lain, Kerja di PT Infomedia Nusantara-Ikut Kompetisi ICCA
https://icca.co.id/tbcci-2020/

Selama 4 hari di Jakarta hari, pertama digunakan untuk persiapan kompetisi, hari ke-dua untuk bertanding di kompetisi. Hari ke-tiga Nesa manfaatkan untuk berkunjung ke pusat grosir Cililitan sambil menunggu rekan-rekan yang lain selesai kompetisi. Selesai dari Pusat Grosir Cililitan, Nesa berkunjung ke tempat saudara yang kebetulan sedang menyelesaikan kuliah S2 nya di Universitas Indonesia dengan naik KRL tujuan Stasiun KRL UI. Hari ke-empat adalah hari terakhir di Jakarta dengan naik Kereta Eksekutif Argo Bromo Anggrek, Nesa bersama temen-temen Infomedia peserta kompetisi ICCA diantar kembali pulang ke Surabaya.

Tahun 2015, Nesa ikut seleksi Pegawai PDAM Kota Surabaya dan alhamduliLlah di terima dan resign dari Infomedia Nusantara di bulan Juli 2015.

Mungkin sekian berbagi pengalaman dari Nesa, semoga bisa memberi manfaat atau wawasan kepada pembaca sekalian. Lain waktu insyaAllah akn dilanjut lagi tentang pengalaman seleksi masuk PDAM Kota Surabaya.

Terima kasih, wassalamu'alaikum wr wb......

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...