Daftar Mobil Listrik dan Mobil Hybrid di Indonesia Tahun ini - akbarartikel-akbar

Daftar Mobil Listrik dan Mobil Hybrid di Indonesia Tahun ini

By Akbar Prastiko - November 30, 2020

Daftar Mobil Listrik dan Mobil Hybrid di Indonesia Tahun di tahun 2020

Mobil Listrik adalah  mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Mobil listrik sangat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tapi kemudian popularitasnya meredup karena teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah. (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Mobil_listrik)

Mobil Hybrid merupakan kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi yang digunakan sebagai sumber tenaganya. Jika pada umumnya mobil hanya memiliki mesin bensin, mobil hibrida memiliki satu sumber mesin lain yakni baterai sebagai sumber tenaganya. Sumber tenaga ini memang tidak digunakan secara langsung, melainkan mesin bensin yang digunakan sebagai sumber daya utama dan mesin baterai digunakan sebagai salah satu sumber energi cadangan menyesuaikan situasi yang ada. (sumber: www.nissan.co.id)

Beberapa tahun terakhir memang sangat viral di televisi, koran, media sosial dan youtube tentang mobil listrik ini. Hal tersebut terjadi karena Pemerintah telah resmi mengundangkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang mobil listrik. Perpres tersebut adalah Perpres No. 55/2019 tentang Percepatan Progam Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan dan telah diundangkan sejak 12 Agustus 2019. Hal ini dilanjutkan dengan program transformasi PLN yang salah satu pilarnya menyebutkan Innovative: optimasi billing dan penagihan, Roll-out Fiber Optic, Infrastruktur kendaraan listrik, Captive Power, dan Beyond KWH.

Selain hal di atas, PLN juga jalin kerja sama dengan Mitra Kendaraan Listrik yaitu WIMA/GESITS, Hyundai, Wuling dan Grab untuk mengakselerasi perkembanganan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia. Hal ini sebagai wujud keseriusan PLN terkait penyediaan infrastruktur pengisian listrik untuk kendaraan listrik berbasis baterai. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, Direktur Utama PT Wika Industri Manufaktur (WIMA/GESITS), M. Saryanto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur, Wakil Presiden Direktur PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors), Sun Zhonghao dan Presiden Direktur PT Grab Teknologi Indonesia, Ridzki D. Kamadibrata, melalui video conference di Jakarta (18 Nov 2020). (sumber: https://web.pln.co.id/)

Adapun beberapa model atau brand Mobil Listrik dan Mobil Hybrid adalah sebagai berikut:

Mobil Listrik

1. Tesla

Tesla adalah sebuah perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Elon Musk, Martin Eberhard, Marc Tarpenning, JB Straubel dan Ian Wright, serta berbasis di Palo Alto, California. Anda dapat mengunjungi website nya di www.tesla.com.

    a. Tesla Model S

Tesla Model S
https://www.tesla.com/models
   b. Tesla Model 3

Tesla Model 3
https://www.tesla.com/model3
   c. Tesla Model X

Tesla Model X
https://www.tesla.com/modelx
   d. Tesla Model Y

Tesla Model Y
https://www.tesla.com/modely

2. BMW
    a. BMW i3

BMW i3
https://www.bmw.co.id/en/all-models/bmw-i/i3/2020/bmw-i3-highlights.html
    i3 120Ah: Rp 1,309 milyar
6. Mercedes Benz

    a. C-Class 350 e Saloon

C-Class 350 e Saloon
klik Link

    b. E-Class 350 e
E-Class 350 e
klik Link

Mobil Hybrid
1. Toyota
    a. Camry Hybrid
Camry Hybrid
https://www.toyota.astra.co.id/product/camry-hybrid
    Camry 2.5 L AT Hybrid: Rp830,1 juta
    b. CH-R Hybrid
CH-R Hybrid
https://www.toyota.astra.co.id/product/chr-hybrid
CH-R 1.8 Hybrid Single Tone: Rp542,29 juta
CH-R 1.8 Hybrid Dual Tone: Rp543,79 juta
    c. Corolla Altis Hybrid
Corolla Altis Hybrid
https://www.toyota.astra.co.id/product/corolla-hybrid
    Corolla Altis Hybrid AT: Rp582,2 juta
    d. Corolla Cross Hybrid
2. Lexus
    a. Lexus UX 250h
Mercedes Benz
https://www.mercedes-benz.co.id/passengercars.html
Hampir semua varian Mercedes Benz memiliki model mesin dengan sistem hybrid ringan atau sistem mild hybrid atau eco boost.
4. BMW
    BMW i8 Coupé
5. DFSK
    Glory I Auto

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...