Belajar dan Liburan di Bangkok Thailand - akbarartikel-akbar

Belajar dan Liburan di Bangkok Thailand

By Akbar Prastiko - Februari 18, 2021

Sebenarnya cukup lama pengalaman ini, namun baru bisa saya tuangkan dalam artikel saya kali ini. Pengalaman saya ini pada tahun 2019, dimana saya bersama teman-teman kerja saya mengkuti pelatihan UNDP di Bangkok Thailand.

Apa sih UNDP?....

United Nations Development Programme (UNDP) atau Badan Program Pembangunan PBB adalah organisasi multilateral yang paling besar memberi bantuan teknis dan pembangunan di dunia. Berpusat di New York City dan juga sebagai organisasi terbesar dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Waktu itu saya bersama teman-teman ditugaskan mengikuti pelatihan tentang Procurement di salah satu program UNDP. Awalnya kami memilih lokasi training di Dubai UAE, namun ternyata pelatihannya dibatalkan dan akhirnya hanya tersisa Thailand dalam bulan yang sama. Sehingga kami putuskan memilih Thailand di wesite training UNDP yang diadakan 19 s.d 22 Februari 2019.

Sangat dadakan juga perintah untuk mengikuti training tersebut, sehingga kamipun jiga dengan persiapan seadanya. Awalnya pagi hari ketika saya sampai di kantor, tiba-tiba dihubungi oleh salah satu teman kerja saya untuk menghadap atasannya yang merupakan Vice President Procurement di divisi kami. Saat saya menghadap tiba-tiba saya ditawari ikut kegiatan training tersebut dan otomatis saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan baru dan langka tersebut.

Selain dadakan, waktu training juga sangat mepet dengan waktu kami mengur administrasi dan peraiapan yang harus kami bawa ke sana, lebih kurang hanya seminggu waktu kami mengurus booking training, menyerahkan bukti ke divisi terkait agar segera dilakukan pembayaran oleh perusahaan dan mencairkan uang saku kami dalam dolar Amerika untuk ditukarkan sebagian dalam bentuk Bath (mata uang Thailand).

AlhamduliLlah setelah semua selesai urusan administrasi di kantor dan registrasi training UNDP, akhirnya tiba saatnya jiga kami saling koordinasi untuk booking tiket Pesawat dan Hotel. Sekali lagi AlhamduliLlah, kami diizinkan membawa isteri kami selama berada di Thailand. Kabar yang sangat menggembirakan bagi kami dan keluarga, karena bisa membuat kami semakin semangat dalam mengikuti training tersebut. Sambil menyelam minum air, akhirnya kami booking Tiket Lion Thai dari Jakarta ke Thailand. Tidak lupa kami beli paket internet rooming luar negeri.

Perjalanan ke Thailand

Kami berangkat 1 hari sebelum acara, kami harus prepare dan mengetahui lokasi tempat acara sehingga tidak terlambat. Berawal dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Don Mueang International Airport. Kami berangkat pukul 13.30 WIB dan tiba di Thailand pukul 17.20 Waktu Thailand. Selama perjalanan AlhamduliLlah lancar, tidak lupa kami mengisi formulir kedatangan sebagai syarat administrasi masuk negara Thailand, hal yang sama juga berlaku ketika kalian berkunjung ke luar Negeri.

Jajanan dari Indonesia kebawa juga😀
Foto di Pintu Kedatangan

Sesampainya di Bandara Don Mueang, kami langsung menuju pintu kedatangan dan tidak lupa dilakukan pengecekan pospor beserta form yang kami isi tadi (catatan penting: formulir jangan sampai hilang, karena digunakan juga ketika kepulangan kalian dari negara yang kalin kunjungi). Kami lanjutkan dengan naik bis sesuai arahan dari petugas bandara denagn tujuan Pratunam, Ratchathewi (sesuai alamat Hotel tempat kami menginap).

Tempat tidur di Kamar Hotel
Kamar Mandi

Sesampainya di Pratunam kami langsung turun bus dan menuju Hotel kami yang ternyata berada di pusat pasar tradisional yang pastinya banyak godaan makanan dan barang-barang yang bisa jadi oleh-oleh. Setelah sampai Hotel dan check in, saat kami bersih diri, sholat dan mencari makan malam.

Penjual Es Kelapa
Ketemu Temen waktu masih kerja di PT Motasa Indonesia

Makan malam di daerah pratunam memang kurang bersahabat untuk anda yang Muslim, karena sangat sedikit penjual makanan halal di sana. Kebetulan waktu itu ada festival makana di dekat area Hotel kami, lebih tepatnya di area Mall dekat jalan raya Pratunam. Kamipun langsung menuju ke sana dengan berharap menemukan halal food. AlhamduliLlah kami menemukan cukup banyak makanan halal, namun harga yang bisa dibilang sedikit mahal. Tapi tidak apa, kami beli makanan untuk kali pertama di Thailand. Tidak sengaja bertemu dengan temen kerja dulu (pak Bagas namanya) waktu masih di PT Motasa Indonesia (pengalaman kerja di PT Motasa Indonesia bisa dibaca di sini) Setelah selesai makan, kamipun langsung menuju Hotel dan beristirahat.

Keesokan harinya tiba saat kami berangkat ke lokasi Training. Lokasi Training berada di Hotel Water Gate, dengan kegiatan hari pertama adalah perkenalan dan materi pembuka dari trainer. Selama mengikuti training, kami diperlakukan sangat baik dan dilayani dengan jamuan makan yang bisa saya bilabg cukup mewah. Begitu banyak pilihan makanan dan kita bebas memilihnya, mulai dari makanan laut segar khas jepang sampai daging bakar khas timur tengah.

Foto bersama Trainer UNDP

Selama kami training, para isteri kami juga bisa jalan-jalan melihat kota-kota di Thailand. Cuaca cukup panas seperti di Surabaya, sehingga infonya kurang pas bila melakukan wisata dengan jalan kaki di siang hari.

Pemandangan Jalan dari atas jembatan penyebrangan
Penyewaan Sepeda
Lumpini Park
Makan Bareng

Selesai hari pertama training kami coba lanjutkan dengan melakukan perjalanan ke salah satu taman si sana dan ternyata jaraknya lumayan jauh hehhehee, ya lumayan buat pengalaman. Saat menjelang malam, saat kami beramai-rami berburu kuliner, tapi memang yang paling pas waktu itu adalah makanan timur tengah karena lebih jelas halal dan rasanya. Pastinya kami hanya mencari yang ada label halal saja hehehehe. Kami juga membeli bekal makan di Minimarket Seven Eleven sebagai bekal si Hotel karena tersedia juga makanan yang berlabel halal, beberapa pegawainya juga berhijab.

Foto bersama peserta training

Sampai saatnya di hari terakhir training, kami tutup dengan sesi foto bersama. Setelah itu kami lanjutkan dengan membeli beberapa souvenir dan oleh-oleh jajanan untuk divisi kami. Setelah membeli oleh-oleh, kami lanjutkan dengan berwisata ke Wat Pho Temple kemudian ke Wat Arun di malam harinya. Cukup melahkan malam itu, namun sangat menyenangkan karena kami sudah menyelesaikan training kami dan bisa sekaligus berwisata bersama pasangan kami. Sampai di Hotel kami langsung beristirahat.

Candi Wat Pho

Diantara Patung - Wat Pho
Foto sedikit inovasi
Dekat Pintu Masuk
di depan Kuil
Meloncat bareng
di samping Budha tidur
Wat Arun

Keesokan harinya di pagi hari, kami sudah persiapan untuk check out dan pulang ke Indonesia. Selain itu juga kami peesiapkan membeli oleh-oleh untuk keluarga kami di rumah, seperti kaos, gantungan kunci dll.

Sore harinya kami mulai perjalanan ke Bandara naik Bis lagi. Keberangkatan dari Bandara Don Mueang pukul 19:50. Selama di Bandara kami juga sempat habiskan sisa uang saku untuk membeli jajanan berlabel halal. AlhamduliLlah perjalanan kami lancar sampai ke Jakarta pukul 23.10 WIB.

Sampai di rumah, saya dan iateri langsung beli makanan di warteg, sehingga begitu leganya kami bisa merasakan masakan Indonesia yang begitu kami rindukan selama di Thailand.

Sekian berbagi pengalaman saya selama mengikuti Training di Thailand dan aktivitas saya selama di sana. Semoga bermanfaat.