Family Gathering ke Singapura dan Malaysia - akbarartikel-akbar

By Akbar Prastiko - Maret 01, 2021

Family Gathering adalah sebuah acara yang dilakukan perusahaan untuk menjalin keakraban dan saling mengenal antar pegawai dan keluarga pegawai untuk membangun keharmonisan dalam lingkungan perusahaan, secara tidak langsung juga memberi pengaruh dalam mewujudkan target atau visi dan misi perusahaan.

Universal Studio Singapore

Kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya ketika mengikuti family gathering di perusahaan tempat saya bekerja. Pengalaman ini sudah lama yaitu tahun 2017, dua tahun sebelum pengalaman ke luar negeri saya sebelumnya di Thailand di artikel sebelumnya. Cukup lama terhenti untuk share pengalaman ini ya hehehehe.

Waktu itu saya bersama teman-teman masih baru selesai pembidangan dan masih baru mulai On The Job Training (OJT). Masih awam masalah pekerjaan yang harus kita lakukan karena berbeda dengan apa yang kita pelajari selama pembidangan, karena memang selama pembidangan kita diberikan materi teknis yang mungkin menjadi pekerjaan dasar di kantor unit/wilayah dan ternyata penempatan kita di kantor pusat.

Lanjut, sambil beradaptasi dengan tempat kerja serta tugas yang harus kita kerjakan, tiba-tiba kami diajak untuk ikut serta menanggapi rencana family gathering yang akan diadakan dalam waktu dekat. Sontak kami terkejut, karena masih belum banyak mengerjakan pekerjaan dan belum banyak berperan namun diajak ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Lebih terkejut lagi ketika agendanya adalah family gathering ke luar negeri woooowwww.

Ternyata tidak hanya kami selaku pegawai baru yang terkejut, ternyata ada pegwai lama juga yang ternyata baru pindahan ke divisi tempat kami bekerja. Ini adalah pengalaman pertama saya dan mayoritas teman seangkatan saya bepergian ke luar negeri. Lokasi untuk family gathering adalah Malaysia dan Singapura.

Untuk persiapannya tentu saja yang pertama adalah mengurus paspor, AlhamduliLlah saya sudah pernah mengurus sebelumnya untuk rencana mendaftar haji sehingga sudah tidak perlu repot mengurus lagi. Kebetulan waktu itu saya juga masih baru lamaran dengan isteri saya atau belum menikah, sehingga sayang sekali tidak bisa mengajak ikut. Tapi tidak mengapa, setidaknya masih bisa sambil komunikasi jarak jauh dan belikan oleh-oleh.

Ketika mendekati hari 'H', ternyata pegawai yang ikut harus ikut tambahan iuran untuk membelikan kaos agar lebih seragam. Memang bagus ya mungkin dengan keseragaman baju agar mudah dikenal rpmbongannya. Selanjutnya kamipun di briefing terlebih dahulu sebelum hari keberangkatan.

Di hari 'H', saya bersama teman-teman berangkat dari kost an menuju bandara Soekarno Hatta sebelum subuh dan sholat subuh di bandara. Ini kita lakukan agar tidak terlambat, sambil bisa kumpul dan pembagian tiket di bandara. Setelah check in, selanjutnya kita masuk ruang tunggu keberangkatan dan mengisi formulir data penumpang yang diselipkan pada paspor seperti yang pernah saya ceritakan juga di pengalaman di artikel sebelumnya ketika hendak ke Thailand. Perjalanan pesawat kami naik Lion Air, ya menurut saya itu standar tapi luar biasa karena kita berangkat liburan, menginap dan pulang secara gratis hehehehe.

Tujuan pertama kita adalah Singapura, sesampainya di bandara Changi Air Port masih pagi. Sekitar pukul 8 pagi, kami melanjutkan perjalanan dengan naik bus tour guide kami untuk sarapan terlebih dahulu kemudian menuju Merlion Park, AlhamduliLlah saat itu bangunan Merlion belum dilakukan revitalisasi.
Merlion Park Singapore
Merlion Singapore
disekitaran Merlion Park - Singapore
Kejaksaan Singapore
Selesai menikmati suasana dan berfoto di Merlion, selanjutnya kita dibawa ke Marina Bay. Di sana kami berfoto dan jalan-jalan sambil menikmati pemandangan karena area yang cukup luas dan begitu rapi, sehingga suasananya terasa nyaman.
Marina Bay - Singapore
Marina Bay Park - Singapore
di sekitar Marina Bay - Singapore
Selanjutnya kita melanjutkan perjalanan ke rumah makan untuk makan siang dan ke Masjid untuk menunaikan sholat jumat, karena kebetulan waktu itu hari Jum'at. Selesai sholat Jum'at, kami melanjutkan lagi perjalanan ke toko oleh-oleh kemudian dilanjutkan ke Universal Studio Singapore. Di sana kami bisa jalan-jalan sambil berfoto lagi.
Lokasi Masjid tempat Sholat Jum'at - Singapore
Sekitaran Masjid - Singapore
Selesai dari Universal Studio Singapore, kami melanjutkan lagi perjalanan menuju Sentosa Island untuk menyaksikan pertunjukan air mancur menari wings of time. Pertunjukkannya cukup menarik dengan permainan lampu laser ke air mancur yang memberikan efek tiga dimensi atau 3D, tapi alur cerita wings of time lebih cocok untuk anak-anak.

Selesai menyaksikan wings of time di Sentosa Island, selanjutnya perjalanan kami teruskan dengan menyebrangi perbatasan negara untuk menuju Malaysia. Waktu itu sekitar pukul 7 malam, kondisinya sudah gelap dan kami harus turun bus untuk melalui pemeriksaan paspor kembali. Kami pastikan untuk tetap dekat dengan rombongan agar tidak terpisah.

Setelah melewati pemeriksaan paspor dan kembali ke bus, selanjutnya perjalanan kami lanjutkan ke rumah makan untuk makan malam. Menu makan malam di Malaysia tidak beda jauh dengan Indonesia, yaitu ayam penyet hehehhehe.

Selesai makan malam, tujuan selanjutnya adalah hotel tempat kami menginap. Malam itu benar-benar kami habiskan untuk istirahat dan sholat di hotel karena agenda yang cukup padat.

Keesokan harinya, pagi hari kami awali dengan sholat subuh dan dilanjutkan dengan sarapan pagi di hotel. Setelah itu perjalanan kami mulai kembali, tujuan pertama adalah pusat perbelanjaan di dekat Genting Highland. Di sana kami berbelanja beberapa barang brand ternama karena cukup murah dibandingkan harga di Indonesian dan dijamin ori.

Selesai berbelanja, perjalanan kami lanjutkan lagi ke Melaka. Di tengah perjalana kami berhenti untuk makan siang dan ibadah sholat. Di Bandaraya Melaka kami disajikan pemandangan kota tua yang cukup menarik untuk spot foto.
Bandaraya Melaka - Malaysia
sekitar Taman di Melaka
Selanjutnya kami berkunjung ke Batu Caves. Di Batu Caves banyak sekali terlihat orang India dan ternyata benar, di atas bukitnya terdapat kuil Hindu yang sepanjang jalan menuju kuil banyak didapati prang India berlalu lalang untuk ibadah.
Batu Caves - Malaysia
Setelah dari Batu Caves, perjalanan selanjutnya adalah Genting Highland, di sana kami diajak jalan-jalan dan menaiki wahana kereta gantung. Mungkin ini salah satu kereta gantung dengan jalur yang lumayan jauh, sangat seru.
Kereta Gantung Genting Highland - Malaysia

di Dalam Kereta Gantung Genting Highland - Malaysia
Selesai dari Genting Highland, perjalanan kami lanjutkan lagi ke Kuala Lumpur (KL). Tujuan selanjutnya di Kuala Lumpur adalah pabrik coklat Malaysia. Di sana kami diajak melihat-lihat proses pembuatan coklat dan membeli produknya untuk oleh-oleh.

Setelah dari pabrik coklat Malaysia, perjalanan kami lanjutkan lagi ke pusat perbelanjaan, banyak yang membeli milo Malaysia. Setelah itu kami diajak berbanja lagi di tempat grosir oleh-oleh, bahkan harga coklat Malaysia di sini harganya lebih murah.

Menjelang maghrib, perjalanan kami lanjutkan lagi ke Petronas Twin Tower, di sini kami berfoto di tempat sppt foto idola Malaysia ini. Setelah puas berfoto, selanjutnya kami diajak ke suatu pusat oleh-oleh lagi. Kali ini saya gunakan untuk membeli souvenir dan kaos.
Twin Tower - Malaysia

di Dalam Petronas Twin Tower - Malaysia
Setelah selesai berbelanja oleh-oleh Malaysia, kami langsung menuju Bandara untuk pulang ke Indonesia.

Sekian pengalaman perjalanan saya yang sangat padat dalam waktu dua hari menjelajahi tempat wisata, spot foto menarik dan berbelanja oleh-oleh di dua negara Asia Tenggara. Terima kasih