Pengalaman Kerja Di PT MOTASA INDONESIA - akbarartikel-akbar

Pengalaman Kerja Di PT MOTASA INDONESIA

By Akbar Prastiko - Juni 04, 2017

Pengalaman Kerja Di PT MOTASA INDONESIA,
Kali ini saya akan melanjutkan cerita saya setelah mengikutu tes seleksi kerja PT Motasa Indonesia (baca di sini) dan AlhamduliLlah berhasil lolos dan diterima sebagai pegawai tahap percobaan. Hari pertama training kami dikenalkan seputar perusahaan PT Motasa Indonesia dan beberapa kegiatan rutin yang sering dilakukan seperti istogozah, halal bihalal dll. Saya akan sedikit bercerita tentang perusahaan ini, PT.MOTASA Indonesia adalah sebuah perusahaan industri produsen bumbu masak seperti Ladaku, Foody dan Desaku. PT Motasa Indonesia didirikan untuk mengkhususkan diri pada produksi lada. Lada di negara Indonesia tumbuh pada tanah podsolik subur yang terletak pada ketinggian. Tanah yang terletak disekitar garis khatulistiwa akan membuat lada mendapatkan sinar matahari yang lama sehingga membuat Lada Indonesia memiliki aroma yang kuat.
Pengalaman Kerja Di PT MOTASA INDONESIA
Pengalaman Kerja Di PT MOTASA INDONESIA

PT. MOTASA Indonesia memiliki beberapa departemen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi. Departemen yang ada di PT. MOTASA Indonesia diantaranya yaitu dept. Produksi, dept. Warehouse, dept. QC, dept. R&D, dept. PPIC, dept. Purchasing, dept. Marketing, HRD&PGA. Sertiap departemen memiliki peran dan fungsi penting sendiri untuk saling mendukung peningkatan produksi dan pemasaran produk.
Departemen Produksi memiliki dua bagian untuk proses produksi yaitu bagian Produksi Packing dan bagian Bulk Process. Produksi Packing memiliki beberapa area atau zona yaitu zona A & B untuk mesin produksi multiline dan zona C untuk cartoning. Bagian Bulk Process memiliki tiga bagian yaitu WH-Sifting, WH-W&D dan WH-CB. Setiap bagian WH memiliki alur proses untuk setiap jenis material sehingga memiliki prosedur, sistem instrument dan  cara penanganan yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut saya tertarik untuk mempelajari alur proses di departemen Produksi untuk bisa ikut serta membantu proses produksi di PT. MOTASA Indonesia. 

Pengalaman Kerja Di PT MOTASA INDONESIA
Pengalaman Kerja Di PT MOTASA INDONESIA

Ok... Kembali lagi ke topik awal, setelah penjelasan diatas saya akan bercerita tentang kehidupan saya selama menjalani masa percobaan. Saya tinggal di kost pada awalnya yang bertama Bagas di daerah mojosari, jaraknya sekitar 1,5 Km dari pabrik. Kami tinggal berdua sekamar Karena belum ada rekomendasi kostan lain waktu itu. Di kost kami ternyata satu kost juga dengan Ischiadika atau basa dipanggil Dika. Selama tinggal di kost, kami kenal juga dengan tetangga Kost yang bernama Cahyo, Rizal dan mas Juju. Sedikit informasi seputar teman-teman kost saya tadi, si Cahyo kerja di Delta Pack, Rizal seorang dokter di RS dan mas Juju seorang akuntan di Koprasi daerah Mojosari.
Kembali ke topik utama, sesuai perjanjian kontrak, kami harus sampai kantor tepat waktu, tidak boleh terlambat dan tidak boleh izin selama mengikuti masa percobaan. Kami diminta mempelajari alur proses sediap bagian mulai dari Warehouse sampai tahap pengemasan. Sya ditempatkan di Bulk Process yang nantinya bila lolos tahap percobaan akan menempati posisi sebagai Supervisor Bulk Process. Akhir proses masa percobaan kami diminta untuk mempresentasikan apa saja yang kita pelajari sebagai bahan pertimbngan penurunan SK pegawai tetap. AlhamduliLlah msa percobannpun kami lewati dengan lancer dan kami memperoleh SK, sehingga secara otomatis kamipun memperoleh tunjangan sesuai jabatan masing-masing gaes.  Lebih kurang 10 bulan saya bekerja di PT. Motasa Indonesia Karena saya memperoleh panggilan tes kerja di Pt. PLN (Persero) yang AlhamduliLlah sudah sampai tes kesehatan. Saya mantap memutuskan resign Karena saya merasa benar-benar yakin kalau bisa lolos tes PLN, entah keyakinan itu dari mana namun mungkin bisa jadi dari jawaban atas do’a saya selama ini agar bisa bekerja di perusahaan BUMN. 
Pengalaman Kerja Di PT MOTASA INDONESIA
Pengalaman Kerja Di PT MOTASA INDONESIA
Saya ucapkan terimakasih sebanayak-banyaknya kepada bapak Roni Sultonudin selaku manager produksi yang sudah membimbing saya selama kerja di PT Motasa Indonesia, bu Neneng selaku Asst Manager HRD yang sudah banyak membantu saya, Anggri selaku staff HRD yang begitu bersahabat heheh,  mas Janoko, Bagas selaku sesame SPV, partner main PS dan sahabat seperjuangan di PT Motasa Indonesia, Hermawan selaku sesame SPV, partner main PS dan sahabat seperjuangan di PT Motasa Indonesia, Fakhri Ilman selaku selaku sesame SPV, partner main PS dan sahabat seperjuangan di PT Motasa Indonesia, pak Arif Hidayat asst Manager, partner main PS dan sahabat seperjuangan di PT Motasa Indonesia, Arif Packing selaku sesame SPV, partner main PS dan sahabat seperjuangan di PT Motasa Indonesia, Hilal selaku sesame SPV, partner main PS dan sahabat seperjuangan di PT Motasa Indonesia, Aryo selaku SPV supporting hehhe, partner main PS dan sahabat seperjuangan di PT Motasa Indonesia dan semua orang di PT Motasa Indonesia yang baik kepada saya dan tidak bisa saya sebutkan satu-satu.
Sekian berbagi pengalaman kerja di PT Motasa Indonesia dari saya, semoga bermanfaat dan menambah informasi seputar dunia kerja. Terimakasih

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. operator produksi disini gaji nya brp mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahuku sesuai UMK daerah. Tiap ada perubahan UMK daerah maka akan mengikuti

      Hapus
    2. Untuk level supervisor gajinya brp ya pak?

      Hapus
    3. Kl saya dulu sekitar 1 s.d 1,5 jt di atas umk kab. Mojokerto. Mungkin sekarang ada perubahan lagi, saya kurang tahu.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...